Welcome.. ^,~

Assalamu'alaikum....
Selamat Datang...
Ahlan wa sahlan....
Sugeng Rawuh..

Semoga Tulisan-tulisan ku ini bisa bermanfaat,
yang kelak akan menjadi Amal Jariyah untukku.. :)

Selasa, 11 Desember 2012

Deep Thinking..



Sepintas judul ini mirip dengan sebuah buku Karya Harun Yahya kaan?? J Buku itu TeOPe banget.. Buku lawas yang ga bosan dibaca2 ulang.. Referensi yang bagus untuk membuat kita berfikir mendalam. Dan emang Ustad Harun Yahya itu Tulisannya ‘WOW’ banget daah.. so wajar aja kalo Banyak yang iri dengan karya2 beliau..
Then,tulisan ini saya buka dengan Q.S .Shaad:29;
“Ini adalah sebuah kitab yang saya turunkan kepadamu,PENUH DENGAN BERKAH supaya mereka MEMPERHATIKAN (Merenungkan) ayat-ayatnya, dan supaya mereka mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran”
Seharian diskusi, memang membuat otak saya agak terkuras. Tapi subhanallah banyak sekali ilmu yang bisa saya peroleh dari orang-orang hebat itu.. sampai terkadang saya merasa otak saya ini tumpul sekali,sampai pernah saat diskusi itu saya hanya jadi pendengar setia dan diam seribu bahasa. (krik..kriik..krik..)
Berdasarkan hasil pengamatan saya,bahwa dalam setiap diri manusia ada peta ilmu, apapun itu..
terlepas benar salahnya,faham atau tidak.. Dan yang membuat kutakjub sendiri, ketika kurenungkan: satu manusia dengan manusia lain pasti punya ranah profesionalitas yang berbeda-beda, punya keistimewaan berbeda-beda, entah pengetahuan praktis atau teoritis. Tukang sampah pun dalam soal persampahan pasti lebih hebat daripada presiden, tidak semua psikolog paham ekonomi makro-micro, tidak semua profesor mampu menghafal Quran 30 juz, ada orang yang bisa berbicara dengan lebih dari 3 bahasa tetapi lemah di matematika... atau contoh real yang sering saya lihat pada teman-teman saya (termasuk saya) Pastilah memiliki kadar kekuatan dan kelemahan masing-masing. EVERY ONE’s UNIC. Ada temenku yang IPKnya Menjulang kelangit! Tapi nol besar dalam masalah komunikasi. Ada temanku yang Pebisnis sejati dan orator yang baik,tapi IPKnya jongkok! Atau ada juga fenomena yang disebut sebagai Aktivis dakwah,tap kuliahnya agak keteteran. Sampai ditanya sekarang semerter berapa pun Lupa..!! Tapi kebanyakan yang saya temui pada kasus terakhir ini memang itulah PILIHAN mereka, Bukan karna keterbatasan atau ketidakmampuan mereka mengelola waktu tapi PILIHAN,,, Dan juga ga sedikit yang kuliahnya OK,Bisnisnya Jalan,Organisasinya lancar.. Orang-orang kaya gini niih yang perlu kita cari tau resep hidup mereka.
Bahkan misalnya dalam suatu waktu ketika 100 orang berada dalam satu ruangan, mendengarkan satu kuliah, setiap kepala akan mencerna menurut interpretasinya masing-masing, berdasarkan latar belakang keilmuwannya, berdasarkan pengalaman dan ilmu-ilmu yang pernah di dapat, masing-masing kepala ada kesimpulan yang berbeda, hikmah yang berbeda..
Maka dapat disimpulkan satu kepala terdapat sebuah peta pikiran, peta ilmu yang luasnya tidak akan pernah bisa dibuat skema utuh di atas kertas, hanya dirinya sendiri.. Jika satu kepala saja sudah demikian, maka bagaimana jika jutaan manusia, dari nabi Adam sampai anak yang baru lahir di dunia ini... Berapa banyak kepala kah?? Berapa jumlah2 ide yang ‘menetas’ itu??? Subhanallah..
Saat berjalan sejenak ke perpustakaan, dan merenung, satu buku mungkin hanya sebagian dari gambaran pikiran seseorang, bagaimana jika ribuan buku, dengan ribuan situasi.. Berkaca pada imam-imam terdahulu, menghafal hadits hingga ribuan.. Saya merasa otak saya semakin tumpul saat membayangkanya...Semakin terasa kerdil ketika duduk di perpustakaan.. Tertegun.. Sama halnya ketika menatap bintang, yang hanya bisa saya tatap kerlip2 cahayanya saja, entah seperti apa besar dan panasnya dan jauhnya....
 Tertegunkah???? Pasti!!
Yang kutakjubkan tidak berhenti pada keelokan manusia dengan perangkat akal dan hatinya.. Aku membayangkan ilmu Allah Sang Penggenggam Semesta! Bahwa semesta raya beserta manusia-manusianya adalah kemerduan ilmu. Keagungan tak habis-habis.. Segenap kreativitas manusia berada dalam ketundukkan takdir Allah.
Ya Allah, betapa kita manusia seringkali sombong hanya karena selintas pujian atau penghargaan kawan.. Padahal segenap ilmu Engkau Yang Punya.. Bahkan kita berpikir tentang Engkau pun adalah kehendakMu, tidak akan terjadi tanpa Engkau yang mengizinkan.. Setiap manusia berbeda, berjuta variabel pembeda, tak terbayang Engkau akan menjadi Hakim Teradil di hari pertanggungjawaban..

Ya Allah langit Kau jadikan senantiasa berbeda indahnya ketika dipandang,
agar kita tak bosan akan keagunganMu..
Setiap manusia berbeda, inilah hikmah, sehingga kita dapat belajar satu sama lain..
Setiap buah-buahan berbeda rasanya tapi dari tanah yang sama, yang kotor dan banyak cacingnya..
 Tapi buah itu Kau jadikan manis lezat.. 
Engkau yang menjadikannya demikian..
Ah betapa sedikit sekali kami berpikir dan bersyukur Ya Robb...
Sungguh bukan ku kehabisan kata,
Hanya terlampau sulit untuk dilukiskan dengan barisan kata..
Begitu luasnya, tak terhingga!

Takjub..takjub..takjub!
Tidakkah kau ingin menangis?
Saya merasa otak ini semakin tumpul saat membayangkan agungNya...

Gunung Terang, Istana Putih Mungilku plus seorang Bidadari.. Subhanallah..
19.10

5 komentar:

  1. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat (tanda-tanda kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memiliki akal.” (Ali ‘Imran: 190)

    thinking is the begining of believing... ^^

    BalasHapus
  2. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat (tanda-tanda kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memiliki akal.” (Ali ‘Imran: 190)

    thinking is the begining of believing..^^

    BalasHapus
  3. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat (tanda-tanda kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memiliki akal.” (Ali ‘Imran: 190)

    thinking is the begining of believing..^^

    BalasHapus
  4. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat (tanda-tanda kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memiliki akal.” (Ali ‘Imran: 190)

    thinking is the begining of believing..^^

    BalasHapus

Monggo dikomentari.. :D