Welcome.. ^,~

Assalamu'alaikum....
Selamat Datang...
Ahlan wa sahlan....
Sugeng Rawuh..

Semoga Tulisan-tulisan ku ini bisa bermanfaat,
yang kelak akan menjadi Amal Jariyah untukku.. :)

Selasa, 10 Desember 2013

Belajar dari Mbah Ratmi

Yang rumahnya sekitaran Gunung Terang atau yang sering melintasi Pertamina Gunung Terang,Pasti ga asing dengan wajah ini. Mbah Ratmi.
Ntah ada daya tarik apa aku dengan beliau, sehingga setiap kali aku pulang
kerja selalu ada saja alasan untuk menemuinya. Ketika menatap wajahnya aku seperti melihat sosok Mbah wedok (Nenek Putri)ku. Miriip sekali.
Well...
Aku disini bukan ingin membahas soal kemiripan mbah Ratmi dan mbah wedok aku. Tapi ada hal lain yang mungkin bisa kita pelajari bersama.


Yaitu tentang Perjuangan, Sabar dan Syukur..

Beberapa malam saat aku melintasi kawasan Pertamina gunung Terang, aku melihat Mbah Ratmi yang nampak sedang menikmati pemandangan lalu lintas kala itu. Selalu Begitu.. Beliau hanya sibuk menatapi arus kendaraan yang hilir mudik didepan dagangannya. Iyaa.. Hanya itu yang aku amati setiap melintasi dagangan beliau. Artinya, sangat jarang sekali pembeli yang menjajaki barang dagangannya.

Saat benar-benar suasana sedang suntuk, sepulang kerja aku menghampiri mbah ratmi. Icak-icak sebagai pembeli,aku diam-diam mencari informasi tentang beliau...

Q: Mbah tumbas kacang limaribu.
mbah Ratmi nampak gelagapan menyahutiku dan langsung memasukkan genggaman kacang itu, mungkin karna aku adalah pembeli perdananya.
Q: Umah'e Pundi mbah???
MR: Pertiwiiii (sambil Teriak2 dan menyodorkan bungkusan kacang)
Q: Mbah Kalo Ujan gimana??? Pulang kerumah jam berapa? Udah malem banget looh mbah (saat itu sudah mnunjukkan pukul 9 malam.. T_T Masya Allah, kalo aku yang disitu udah masuk angin agaknya.
MR: kalo ujan yaa ngiyup (red:berteduh) disono. *nunjuk kearah Toko Dealer. pulangnya nanti kalo udah ada yang beli,biasanya ya jam 10an.
 Q: sekarang udah dapet uang belum mbah?
MR: BELOM.... baru ini aja nak.

*nyesss....

aku jadi semakin terenyuh....
Bayangpun, Seusia senjanya yang harusnya dihabiskan dengan istirahat, menikmati masa tua nya bersama cucunya, tapi beliau masih pontang-panting mencari segelintir uang receh.
Yaa... uang receh yang belum tentu tiap hari ia dapatkan, ditengah hempasan debu knalpot motor dan dinginnya hujan serta angin malam yang menghempas..

Yang aku tau dari sosok beliau,
Hampir tiap hari beliau bekerja untuk menafkahi hidupnya, dengan pendapatan yang mungkin kurang dari 5% gaji ku.. Tapi lihatlaah.. seberapa sering aku mengeluh???? seberapa sering aku merasa kekurangan atas apa yang sudah Allah berikan???
aahh.. pekerjaanku ini sungguh tidak ada apa-apanya dibandingan perjuangan mbah Ratmi.

dimalam lain sepulang kerja...

Mbah Ratmi lagi minum kopi yang Ia bawa dari rumahnya..

Q: mbah.. Apa kabar mbah? Minum apa itu mbah?
MR: Kopi,tapi wes adem.. hhihiiiiii *mbah Ratmi cekikikan..
Q:opo enak mbah? inikan dingin, kok minum kopi dingin??
MR: iyoo... dr rumah bawanya panas, pass nyampe sini udah dingin. Tapi enak kok, ini aja belum tentu orang lain punya... yo gak nduk??
 Q: &^%&^$%^$%$^&^*^%......
#Jleb!!! Yaa ampuun mbah.. dalam keadaan seperti ini saja selalu adaa saja alasan yang membuatmu untuk bersyukur..
Q: Mangga mbah, buat mbah...
MR: yaa Allah..... Tuuu kan... Gini nek jadi orang bersyukur ada aja  rejekine yoo Nduk.. Makasii yo nduk...
Mbah Ratmi Giraaaaang banget, sambil ngelus2 mangga itu..

mbah..mbah.. Aku itu g habis pikir...
Aku sakut sama mbah Ratmi..
#MbahRatmiLovers

see u mbah..
aku selalu merindukan wajah lelahmu, suatu saat semua akan bersaksi atas apa yang sudah mbah perjuangkan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo dikomentari.. :D